Tips pencegahan penyakit menular seksual pada remaja

Sekarang ini penyakit menular seksual makin banyak terjadi karena pergaulan bebas, nah sudah sewajarnya kita harus menjaga nilai nilai moral bangsa ini yang dikenal beradab.

Sudah tentu upaya pencegahan jauh lebih efektif daripada upaya pengobatan. Pemahaman mengenai kesehatan reproduksi pada remaja perlu ditingkatkan. Meski sudah banyak informasi yang dapat diakses, acap kali pengetahuan remaja lebih dipengaruhi oleh informasi dari teman sebaya atau mitos yang beredar. Informasi tersebut tak selamanya benar. Kita tahu mitos adalah pendapat yang tidak benar tetapi beredar di masyarakat.


Pendidikan di keluarga dan sekolah dapat membangun pribadi remaja yang siap mandiri, ingin maju, dan peduli pada kesehatan. Namun, juga harus diperhitungkan faktor pengaruh teman sebaya dan lingkungan. Selain itu, antara pemahaman dan pengamalan tak selalu berjalan sejajar. Mereka yang sudah tahu bahaya penyakit menular seksual masih saja melakukan hubungan seks yang berisiko.

Upaya pencegahan harus dimulai dengan meningkatkan kepedulian tentang hidup sehat, termasuk kesehatan reproduksi. Pada akhirnya remaja harus memilih antara perilaku sehat dan perilaku berisiko. Pengawasan orangtua tetap bermanfaat, tetapi semakin dewasa anak semakin kurang pengaruh pengawasan orangtua. Oleh karena itu, perlu ditanamkan kesadaran untuk menjaga diri, termasuk kesehatan, sejak kecil.

0 comments:

Post a Comment

Safank Fank

Video Gallery